Exora dilancarkan di Indonesia

Posted: 17 Julai 2009 in automotif, PROTON, proton Exora

Rabu, 15/07/09 16:42
PT Proton Edar Indonesia
Luncurkan Exora Dengan Optimisme Tinggi

OTOMOTIFNET – Satu lagi tawaran MPV (Multi-purpose Vehicle) datang dari pabrikan mobil asal Malaysia, PT Proton Edar Indonesia (PEI) dengan meluncurkan Proton Exora bertempat di Hotel Dharmawangsa, Jakarta Selatan.

MPV produksi pertama Proton ini diluncurkan di tengah kepungan banyak merk – merk lain di Indonesia yang juga bermain di kelas MPV. Namun Ricky HK Too selaku Presiden Director PT PEI dalam sambutannya mengatakan pihaknya tetap optimis bahwa Exora ini akan diterima pasar.

“Kami sadar market share pasar MPV di Indonesia sangatlah besar. Bahkan bisa dikatakan Indonesia menjadi raja di kelas ini dari seluruh negara di dunia. Oleh karena itu kami meluncurkan MPV Exora yang mengandalkan faktor Safety, Comfort, dan Space,” ujarnya.

“Selain itu, kami juga menawarkan berbagai paket menarik dari berbagai pihak perbankan untuk mempermudah proses pembelian. Kami juga akan tetap memberikan pelayanan after sales service ke seluruh pelanggan Proton karena tiap pelanggan berhak mendapatkan pelayanan yang sama,” tambahnya lagi.

Dirinya juga menambahkan jika pertumbuhan Proton di Indonesia sangat baik. “Menurut Gaikindo, Proton mendapat predikat pertumbuhan tertinggi selama setahun terakhir dengan angka pertumbuhan sampai 62%,” tambah pria berkulit putih ini.

Acara launching ini juga dilengkapi oleh sesi test drive yang menempuh rute Bintaro – Serpong – TMII – Pondok Pinang dan kembali ke hotel Dharmawangsa. Setiap jurnalis dalam sesi ini diberikan kesempatan untuk merasakan performa Exora melintasi jalanan Jakarta dalam berbagai kondisi baik di jalan tol maupun saat terjebak macet.

“Launching di Indonesia ini merupakan peluncuran Exora yang pertama kali diluar Malaysia. Di Malaysia sendiri peluncurannya sudah dilakukan 3 bulan lalu dan sudah mencapai angka inden ribuan unit,” jelas Fransisco Sirait, kepala divisi National Sales, PT PEI.

Soal harga, pihak Proton belum menyebutkan angka pasti. “Harganya akan dikeluarkan saat Indonesian International Motor Show, 24 Juli mendatang. Yang jelas harga masih dibawah Rp 210 juta,” tambahnya lagi.

Pria tersebut juga menambahkan jika Exora akan dijual dalam tiga varian yaitu Supreme Automatic yang merupakan kelas tertinggi. Lalu ada kelas Executive Manual dan Executive Automatic.
Persaingan MPV makin seru!

Penulis : Nanda

“Kami memberikan harga yang terbaik. Harganya di bawah Rp 210 juta. Harga resminya baru akan kami rilis pada Indonesia International Motor Show (IIMS) 2009 tanggal 24 Juli nanti,”  ujar President Director PEI Ricky H. K. Too di acara Media Preview Proton Exora di Jakarta.

MPV yang menggendong mesin 1.6L Campro CPS empat silinder DOHC 16V ini berdimensi 4.592 mm x 1.809mm x 1.691 mm  mampu mencapai tenaga maksimum 125 hp pada 6.500 rpm dan torsi maksimum 150 Nm pada 4.500 rpm.

Exora yang mirip Kijang Innova ini memiliki lampu spion yang dilengkapi dengan lampu sen LED dan lampu LED bagian belakang yang trendi.

Fitur-fitur yang ada di dalam kabin Exora antara lain DVD player yang terintegrasi dengan overhead LCD berukuran 8,5 inci (varian 1.6 AT Supreme) di bagian tengah kabin, integrated bluetooth untuk memudahkan menelpon atau menerima panggilan telepon, stop kontak berkekuatan 12 volt, dan CD Audio/mp3/wma player.

foto20090715130624-oto

Sementara itu untuk fitur keamanan MPV yang diklaim mencapai pesanan (booking) 16.000 unit di Malaysia ini antara lain dual airbag dengan seatbelt pre-tensioner, ABS-ABD, immobilizer, central lock door, alarm system and keyless remote entry, dan reverse sensor.

Exora tersedia dalam lima pilihan warna, yaitu Blue Haze, Gaia Blue, Genetic Silver, Solid White, dan Tranquility Black. Exora dipasarkan tiga varian, yaitu 1.6 MT (Executive), 1.6 AT (Executive), dan 1.6 AT (Supreme).

PEI menargetkan penjualan 1.500 unit Exora sampai akhir tahun. Proton Exora baru akan dilucurkan secara resmi tanggal 24 Juli mendatang di ajang IIMS 2009 di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta
Kamis, 16/07/2009 16:42 WIB
Test Drive Proton Exora
Muhamad Ikhsan – detikOto
Gambar
Proton Exora (Ikh)
Video Terkait
gb
Proton Kenalkan Exora
Foto Terkait
gb
Jagoan Malaysia Proton Exora
Jakarta – Gebrakan PT Proton Edar Indonesia (PEI) di pasar otomotif tanah air lambat tapi pasti. Gebrakannya antara lain dengan menghadirkan mobil keluarga yakni MPV Proton Exora.

Proton mengklaim mobil itu sangat sesuai disandingkan dengan Kijang Innova, Grand Livina dan Toyota Avanza.

Pembuktian pun tiba, ketika detikOto pantau sisi luarnya Exora eksekutif otomatis, MPV Exora terlihat lebih kecil dari Innova, namun lebih tinggi dan panjang ketimbang Grand Livina. Dan begitu dipertemukan dengan Avanza, MPV Exora juga terlihat lebih besar dan panjang ketimbang varian Avanza.

Namun, memang bentuk Exora lebih segar dibandingkan dengan ke-3 varian tersebut. Exora lebih mencuatkan kelembutan pada setiap lekukan bodinya. Meski terlihat sedikit gambot, namun sisi eksterior Exora benar-benar tidak kalah dengan pesaingnya.

Langsung saja untuk membuktikan kehandalan MPV anyar dari Proton, detikOto memutar kunci pada posisi ON, mesin pun menderu sebagai tanda mesin 1.600 cc Campro CPS dengan 4 silinder DOHC 16 valve siap diajak eksplorasi yang dimulai dari Hotel Darmawangsa, Jakarta Selatan.

Awal duduk di bangku sopir, detikOto merasakan kenyaman yang sangat, terutama ketika panel AC diposisikan pada ON. Kesejukan menyelimuti detikOto bersama rekan lainnya siang itu. Tidak itu saja, rekan detikOto merasakan udara sejuk hingga bangku ke tiga.

Hingga bangku ketiga? Ya bisa saja karena terdapat 2 panel AC pada Exora yakni di bangku tengah dan bangku paling belakang, jadi AC bisa berhembus hingga ke belakang dengan merata.

Penumpang yang duduk di row 3 awalnya mengeluh karena terlalu sempit. Sebab leg room terlalu pas dengan bangku row 2 di depannya. Namun jarak bisa diatur karena row 2 bisa digeser ke depan. Dan bangku row 3 pun bisa digeser kebelakang. Nah, Anda bisa menemukan lagi tambahan ruang buat kaki.

Ketika melewati jalan tol pinggir kota menuju BSD, guncangan bangku belakang sangat terasa, karena ada jalan yang sedikit bergelombang, kami menilai hal terjadi karena posisi duduknya yang di atas sumbu roda belakang.

Wajar jika guncangan sedikit memualkan penumpang belakang. PT PEI sendiri telah mempersenjatai karakter suspensi Lotus pada ke 4 titik Proton Exora, dan PT PEI mengklaim jika karakter suspensi tersebut sangat mumpuni untuk jalan luar kota dan dalam kota, jalan mulus hingga rusak sekalipun.

Setelah dari BSD, rombongan menuju Pondok Pinang. Momen ini tidak disia-siakan oleh detikOto untuk menghetahui kehandalan mesin terbaru yang dikandung MPV Exora.

Exora yang dibekali dengan mesin Campro CPS yang memiliki 1.600 cc dengan 4 silinder DOHC 16 valve sedikit mengalami kendala, mesin sedikit kurang berakselerasi pada RPM rendah antara 1.500 hingga 2.000 RPM.

Namun setelah RPM atas, mesin dengan transmisi konvesional 5 speed mampu menghantarkan tenaga pada roda hingga menempuh kecepatan 120 km.

Dan hanya sebatas kecepatan itu, karena jalan tol tidak sekosong yang kami pikirkan. Setelah cukup dirasakan, daya 125 hp pada 6.500 RPM dan torsi 150 Nm pada 4.500 RPM tergolong mumpuni untuk berkendara di dalam kota. Apalagi pihak PT PEI mengklaim jika mobil tersebut dapat berjalan 11 km dengan 1 liter bensin.

Saat melakukan pengereman mendadak Exora yang telah dilengkapi dengan sistem pengereman Anti lock Brake System (ABS),  Electronic Brakeforce Distribution (EBD) bekerja maksimal menjaga kestabilan mobil, mobil tidak lari terbuang ke kiri atau pun ke kanan.

Perjalanan pun berhenti di Pondok Pinang, dan sempat berganti posisi. DetikOto kedapatan duduk dibangku 2.  Dan dilanjutkan menuju Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Perjalanan pun semakin asyik, terlebih terdengar percikan suara yang tersembur lewat tape berlabel Clarion pada mobil Exora, apalagi dengan fitur additional GPS pada mobil kami.

Mengapa dikatakan additional GPS, karena PT PEI hanya menyematkan GPS pada tipe Exora Supreme-nya saja sedangkan tipe Eksekutif manual dan  Eksekutif otomatis tidak disematkan GPS.

Tak terasa, perjalanan pun berakhir di Hotel Darmawangsa, Jakarta Selatan.

Setelah merasakan MPV Proton Exora, detikOto berkesimpulan jika mobil Exora sangat kompetitif. Dan dari teknologi terbilang biasa saja ini wajar jika PT PEI mematok harga di atas Rp 175 juta dan dibawah Rp 210 juta.

Pastinya konsumen mendapatkan pilihan warna MPV dengan hadirnya MPV Proton Exora. Tentunya pilihan terakhir seperti biasa berada di tangan Anda para pecinta mobil keluarga…

foto20090715130740-oto

Setelah lama menjadi pembicaraan hangat para penyuka MPV, Rabu (15/7) di Hotel Darmawangsa, Jakarta, PT Proton Edar Indonesia (PEI) secara resmi memperkenalkan Proton Exora. Mobil yang menjadi kebanggaan Negeri Jiran ini akan dijual sekitar Rp 210 juta.

Proton Exora Sudah Dipesan 400 Unit
Jum’at, 17 Juli 2009 – 09:05 wib
text TEXT SIZE :  
Share
Prasetyo Adhi – Okezone
–>
(foto: Prasetyo/okezone).

JAKARTA – Walau baru akan resmi diluncurkan pada gelaran Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) yang berlangsung mulai 24 Juli mendatang, ternyata Proton Exora sudah dipesan 400 unit.

Jumlah pesanan ini disampaikan President Director PT Proton Edar Indonesia (PEI) Ricky HK Too ketika berbincang dengan sejumlah jurnalis di Hotel Darmawangsa, Jakarta, Rabu (15/7/2009).

“Sampai hari ini sudah 400 unit, baik melalui dealer ataupun fleet (pesanan dalam jumlah besar),” katanya.

Kebanyakan kata dia, pesanan malah datang dari pulau Sumatera seperti Medan, kemudian disusul Jakarta. Ada pula perusahaan jasa transportasi travel yang membeli Exora secra fleet.  “Travel di daerah Sumatera sudah pesan 80 unit, sedangkan travel di Jakarta pesan 60 unit,” tambah dia.

Banyaknya pesanan terhadap Proton Exora ini, kata dia, membuktikan MPV tersebut memang menjadi pilihan masyarakat dilihat dari fitur yang tersedia dengan harga yang ditawarkan.

“Zaman sekarang ini untuk apa orang beli yang harganya lebih mahal jika dengan lebih murah dapat keunggulan yang hampir sama,” tegasnya.

Komen-komen
  1. fauzan berkata:

    sukses!!! sukses!!!

    cheers!

  2. zenvo berkata:

    maaf,tp indonesian ni xbrape suke kt m’sia,ak pon xtau nape..sbb tu kete kita susah nk nmpak kt indon,sesetgh tu boycot brang kite..ad org ckap kt ak,sjauh mane kbnarnnye,ak xpasti,apepn..proton,do anything best for them..n us also..

  3. prodas berkata:

    ye ke..kat indon..tak suke exora ni?? baru jek 3 hari dilancarkan ..sudah 400unit yg ditempah…..ape makne nya????

  4. campromania berkata:

    baru2 ni ada terdengar berita yg rakyat indon nak boycott produk malaysia sbab kes penderaan pembantu rumah indon baru2 ni..org indon ni kena sedar diri sikit, diorg tu banyak menumpang cari makan kat cni, dari jadi kuli sampai la artis, sume leh buat duit kat cni..diaorg ingat bagus sgt ke diorg tu..diorg ingat baik sangat ke indon2 yg masuk cni, yg kena dera baru 2/3 kerat je..tapi kes2 merompak, jadi pelacur, bunuh org dari kalangan diorg ni, org malaysia dok diam xmarah ke??? tengok lawan bola time negara diorg datang cni pun buat kacau..nasib baik la kerajaan Malaysia bagi makan kat pendatang haram yg kena tangkap masuk kem tahanan..pastu ada lak xpuas hati & merusuh, bakar kem tahanan..mengabiskan duit rakyat malaysia je..baru2 ni ada lagi serangan bom berani mati, so sape lebih jahat..org malaysia ke indon? fikir la sendiri..

  5. prodas_afiq berkata:

    relex bro…..betul 2 mereka harus sedar……. ok lah…. ape2 pn nampak gaya boikot 2 tak menjadi…..sebab ramai gak yg dah tempah exora…..taniah proton…..

  6. Yus kl berkata:

    Dari ulasan di atas ,kita dpt membuat kesimpulan yg market utk mpv di Indon ni lebih mementingkan saiz dan harga berbanding ride and handling yg sebenarnya menjadi kelebihan Exora . Namun begitu penerimaan terhadap Exora ,aku rasa akan meningkat sedikit demi sedikit .

  7. campromania berkata:

    exora akan menjadi model global pertama proton lepas ni..ni adalah permulaan strategi baru untuk menjadi pengeluar kereta global pada masa depan..harap lepas ni banyak model yg lebih hebat dan canggih akan dilancarkan..

  8. prodas berkata:

    ye..harap2 begitulah….

  9. fauzan berkata:

    market MPV di indonesia adalah yg terbesar di rantau asia tenggara. sudah tiba masanya proton mengembangkan sayapnya di sana. “Better late then never”😉
    Sekarang nie toyot Avanza n Inova (kijang) adalah MPV terlaris di Indonesia , proton kiranya adalah pemain underdog dlm market indonesia yg hanya mensasarkan jualan 1,500 – 2,000 unit terjual hingga hujung tahun nie. Dgn perkembangan semasa (tempahan 400 unit sebelum pelancaran) dan daya minat pembelian unik masyarakat di sana (teruja dgn kereta2 baru yg masuk pasaran indon), saya percaya proton juga berhak sukses di sana walaupun ada isu2 anti produk malaysia di indonesia. Sukses!! Sukses!!🙂

    cheers!

  10. chor berkata:

    nk tanya cikit kat bro semua…agaknya dalam gambo exora banyak2 kat bawah 2….keta depan sekali yang 2 biji 2 keta aper yer….tailgate colour itam 2…gen2 ke…..plzzz advice cikit

  11. fauzan berkata:

    chor : kalau tak silap, proton saga.🙂 nie sesi pengenalan kepada jurnalist permotoran indonesia (pre-launch) bagi model2 proton yg akan masuk pasaran indonesia . secara rasminya exora akan dilancarkan di pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) pad 24 julai 2009.

    Cheers!

  12. Prismo berkata:

    bravo Proton… ini sedikit sebanyak mampu menggoncang market Kijang innova dan avanza disana.. nampak gayanya, 400 tempahan dlm masa 3 hari mmg baik.. mana tahu sampai hujung bulan ni boleh mencecah 1 ribu unit.. bravo Exora, congrats Proton…

  13. Prismo berkata:

    aku tak tahu lah kenapa dgn org malaysia ni.. kan Perodua ni rebadge kereta Daihatsu kan? kat indon tu Daihatsu Xenia tidak mendapat sambutan yg menggalakkan walaupun sama bentuk dgn avanza… lain2 model daihatsu pun sama…

  14. Adam berkata:

    Penumpang yang duduk di row 3 awalnya mengeluh karena terlalu sempit. Sebab leg room terlalu pas dengan bangku row 2 di depannya. Namun jarak bisa diatur karena row 2 bisa digeser ke depan. Dan bangku row 3 pun bisa digeser kebelakang. Nah, Anda bisa menemukan lagi tambahan ruang buat kaki.
    ==========================
    saya tak tau korang sume notice ke tak ayat diatas ni..
    adakah ini menunjukkan Seat exora versi indonesia mempunyai slider???

  15. arie othman berkata:

    Kalau betullah bak ditulis………….versi Indonesia ada slider, dan versi Malaysia engak ada….. maka itu ‘double standard’ namanya.
    Proton kena berlaku adil dengan rakyatnya.
    Janganlah lepas ni timbul lagi ceritera, Proton ni….kalau jual untuk luar negeri mutunya lebih baik daripada yang dijual di dalam negeri.
    Amin.

  16. hezeri samsuri berkata:

    Pasaran MPV Indonesia mempunyai sejarah yang cukup menarik. Toyota juga sudah lama berkampung di sana.
    Harapnya Proton berjaya di sana kerana ia memang memerlukan pasaran luar untuk memastikan kejayaannya.
    Sayang sekali, negara Malaysia ialah negara kedua dibenci selepas Singapura oleh negara-negara Asean.
    Kenapa?
    Apa hak kita untuk melayan warga asing sebagai manusia kelas kedua? Hebat sangatkah kita hingga kita merasa jijik dengan kehadiran mereka?
    Memang ada yang jahat, tetapi rakyat Malaysia semuanya baik ke? Cukup sedih bila melihat rakyat Malaysia melayan pembantu rumah atau pekerja asing mereka seperti binatang.

  17. akudeh berkata:

    Wahai saudara hazeri, rakyat malaysia semuanya jahat ke? semua majikan malaysia tu mendera amahnya ke? dan amah mereka itu kesemuanya baik ?
    Dan negara2 yg membenci kita tu dorang tu baik sangat dan betul sangat ke?

    Mendera itu salah, yg salah tetap salah, tapi kesalahan segelintir golongan itu tak patut disalahkan kepada seluruh warganegara. Sentimen indonesia terhadap malaysia tak kena pada tempat itu saja yg saya dapat bagitau.

    moga proton berjaya.

  18. akudeh berkata:

    wahai sedara arie, kalau benar pun sebenarnya idea untuk buat macam tu baru je dicadangkan oleh jurnalis masa exora baru keluar dulu,, jadi mungkin selepas itu baru proton aplikasikan dan buat percubaan kat indon.
    Tapi kalau tak puas gak ngan proton, beli la prodya viva tg baru dilancarkan tu.. hehehe

  19. Prismo berkata:

    En. Hazeri,
    Memang sedih aku tgk majikan mendera amah.. tapi kadang2 menjadi amat pilu sekali apabila kita melihat seisi keluarga rakyat Malaysia termasuk kanak2 dibunuh dgn kejam dlm siri rompakan oleh pendatang2 indonesia ni… mmg kejam kalau mendera, tapi lebih kejam kalau membunuh org yg tidak berdosa terutama sekali anak2 kecil…

    Kejam kah kita? sebenarnya tidak.. kadang2, majikan bertindak melulu disebabkan oleh si amah ni selau ingkar/memprotes/memprovok.. kadang2, ada kes yg suami majikan pun dia nak kebas..

    Nak dgr cerita aku ttg amah yg bekerja dirumah aku? amah aku ada 2 org, berumur 25thn dan 19thn… yg berumur 25thn ni dia start keja dari umur 19thn… seluruh ahli keluarga aku baik kat dia… didalam rumah, kami suruh dia berpakaian elok2, seperti adik2 perempuan aku yg lain.. setiap hujung minggu hari ahad, kami akan menyuruh dia pergi kebandar utk mencari barangan keperluan dia dan juga brg keperluan yg utk dihantar ke kampung dia.. selalunya, adik perempuan aku yg temankan.. dlm masa hampir enam thn bekerja dgn kami, cuma dua kali je dia balik beraya dikampung.. selebihnya beraya dgn kami.. apa yg selalu terucap dari mulut dia kepada kami? sikit2, terima kasih.. sikit2 terima kasih… yg berumur 19thn tu baru lagi.. baru lima bulan bekerja.. nampak gayanya, dia pun ceria mcm amah kami yg lagi satu ni.. sebabnya adalah, layanan sama rata..

    patutkan org mcm kami ni dibenci membuta tuli oleh org2 indonesia??

  20. fauzan berkata:

    pasal layanan kelas kedua warga indonesia di Malaysia hanyalah suatu persepsi. Apa yg berlaku adalah kes-kes2 terpencil yang dipolitikkan utk tujuan tertentu. Kalau dilihat dari statistik sebenar apa yg berlaku, kebanjiran warga asing (tak kisah la indon ke bangla ke, illegal atau tak) banyak gak menyumbang masalah kepada negara kita – tak pula mereka2 yg perihatin n simpati, consider hal nie.

    Bagi saya masing2 punya hak. kita sebagai warga Malaysia ada hak, warga asing mencari rezeki di sini gak ada hak mereka. Kalau semua orang menjaga n menghormati hak2 nie, tak de la perkara2 tu berlaku. dan satu lagi jgn ar marahkan nyamuk kelambu dibakar, ini sesuatu yg tidak adil kepada proton yg baru suam2 kuku nak bertapak di indonesia. Tak kan perlu dikaitkan isu2 tu dgn industri permotoran kot? Proton di sana berniaga, bila berniaga kita perlu profesional dan ‘mereka n keluarga mereka’ di sana pun perlu lah profesional jugek tanpa ada sentimen emosi.

    pasal 2nd n 3rd row exora bleh slide tu no komen. tak tau plak ada versi tu utk pasaran indonesia.

    Cheers!

  21. Adam berkata:

    amendment
    pasal slider 2nd and 3rd row tu.. saya rasa tu kesilapan penulis tu… aritu tgk gambar interior exora yg dipasarkan diIndonesia.. sama je cam versi malaysia

    apa la penulis tu… nampak sgt dia tak tau apa yg dia tulis

  22. fauzan berkata:

    Bukan tak tau apa yg dia tulis tu bro adam. Tapi tersalah tulis report kot. Maklumlah honda Freed pun masuk pasaran Indonesia. mgkin diorang nie pegi test drive hari yg sama, so tertukar2 maklumat. Wakaka…

    cheers!

  23. prodas berkata:

    harga exora lagi murah dipasaran indonesia…

  24. muryadi berkata:

    Adam, “geser” itu bukannya bermaksud “slider” tapi tempat menyandar yg boleh ditegakkan dan dibaringkan sedikit…

    tentulah ada sedikit perubahan ruang kaki…

    Pasal sentimen kebencian rakyat Indonesia terhadap Malaysia, saya rasa ianya agak terpencil…sy rasa ramai lagi yg bersikap lebih rasional dan tidak terlalu beremosi..

    Perlu juga kita ingat Indonesia mempunyai 260 juta penduduk, sudah tentulah pelbagai ragam..

    Sebagai contoh kes Manohara, pada mulanya kalau diperhatikan dalam forum2 disana ramai yg bersimpati dgn mereka dan marah2 dgn Malaysia..tetapi setelah pendedahan demi pendedahan dari pelbagai sumber mereka sudah tidak ambil peduli tentang masalah yg terlalu peribadi ini..

    Ada juga diantara mereka marah balik kpd Manohara, terutama ibunya yg dilapurkan telah tersabit dgn kesalahan mendera amahnya yg juga dari Indonesia dan telah pun dijatuhkan hukuman penjara semasa mereka di Paris…Belum lagi cerita2 ibunya yg bersifat pengkikis harta org kaya…

    Apa yg saya perhati dari “proton club indonesia”, pengguna2 proton disana terdiri dari org2 elit, terpelajar serta inginkan kelainan disebabkan toyota dan honda terlalu banyak di atas jalan. Mereka2 ini inginkan keunikkan, takdalah sama saje dgn org lain…

  25. zack hakimi berkata:

    KINI PROTON MENAWAN DUNIA..

    TELAH MEGGAGAHI PAWANA…

    MENUNG DAN KHAYAL PROTON

    BUKAN LAGI SEKADAR FANTASI…

    KINI PROTON DI PANDANG DUNIA

    TELAH PROTON LANGKAHI HAMPA DAN LARA…

    DAN TERNYATA KAN PROTON MENJANGKAU SEJAUH JUA….

    >>>>>>>>>>>>>>>JUST PLAIN AMAZING<<<<<<<<<<<<

  26. farghmee berkata:

    zack, cm puisi da🙂

  27. muryadi berkata:

    farghmee, tak perasan ke itu sebahagian lirik dari lagu “Menawan Dunia” yg dinyanyikan semasa pelancaran Proton Exora..?

  28. muryadi berkata:

    tuan prodas, sy nak minta maaf tak sangka pulak keluar gambar youtube pulak kat komen sy tu.. sy cuma nak bagi linknya saje…

  29. farghmee berkata:

    eh, aku mmg xperasan..my bad😛

  30. prodas berkata:

    muryadi>>>>ok lah 2…… ceria sikit. blog ni ade llagu Menawan Dunia….hahhaha

  31. Prismo berkata:

    His.. kes Monahara tu menjelekkan aku… benci aku tgk muka mak dia.. muka monahara tu ok lah jugak..hahahaha… yg aku heran, dlm byk2 wanita yg berstatus tinggi kat malaysia ni, kenapalah pilih si model indonesia utk jadikan isteri.. ha, kan dah gawat dah.. byk dah filem sinetron yg mendedahkan perwatakkan mereka dikaca tv setiap hari.. asyik2 filem pasal kikis harta, plot yg sama.. cuma jln cerita yg lain…

Tinggalkan Jawapan

Masukkan butiran anda dibawah atau klik ikon untuk log masuk akaun:

WordPress.com Logo

Anda sedang menulis komen melalui akaun WordPress.com anda. Log Out / Tukar )

Twitter picture

Anda sedang menulis komen melalui akaun Twitter anda. Log Out / Tukar )

Facebook photo

Anda sedang menulis komen melalui akaun Facebook anda. Log Out / Tukar )

Google+ photo

Anda sedang menulis komen melalui akaun Google+ anda. Log Out / Tukar )

Connecting to %s